Krokot – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaat Krokot

A. CIRI-CIRI TUMBUHAN KROKOT

BATANG
Ciri Batang krokot berbentuk bulat yang tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwana cokelat keunguan dengan panjang 10-50 cm, Batang lembut memiliki rasa sedikit asam, dan asin.
Tangkainya pendek berbentuk bulat telur sungsang, bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tepi rata, panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm.
DAUN
Ciri Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua.
Daunnya tunggal, tebal berdaging, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar.
BUNGA
Ciri Bunganya berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan. Mahkota daunnya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil.bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore.
BUAH dan BIJI
Buahnya berbentuk kotak, bijinya banyak dengan warna hitam cokelat mengkilap. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.

gambar krokot merah
Krokot Merah
gambar rumput krokot
Photo : Bunga Krokot

DESKRIPSI TANAMAN KROKOT
Krokot adalah tanaman liar yg bisa tumbuh dimana-mana, tidak hanya di persawahan yg subur tapi juga di daerah yg tanahnya tandus. Bahkan krokot bisa hidup di sela-sela trotoar di pinggir jalan, Krokot tumbuh liar ditempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan Amerika tropis di Brazil yang dapat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m dpl.

Tanaman yang punya nama ilmiah Portulaca oleraceae L. ini merupakan tanaman herba setahun yang termasuk dalam famili Portulacacaeae.

Tumbuhan krokot tumbuh subur di Indonesia biasanya tumbuh sebagai gulma, untuk ukuran daun dan ukuran dari batang krokot tergantung dari tempat mereka tumbuh, jika mereka tumbuh dilahan yang subur akan memiliki ketebalan daun, batang yang berbeda dengan mereka yang tumbuh di lahan tandus.
baik batang, daun, kuncup bunga kuning dapat dikonsumsi. Biji Krokot seperti bubuk teh hitam, yang sering digunakan untuk membuat beberapa minuman herbal.

B. KANDUNGAN KIMIA TANAMAN KROKOT

Daun krokot kaya akan omega tiga (ω 3). Dalam 100 gram daun krokot segar mengandung 225 – 300 mg asam linolenat (ω 3, 18:3, ∆9,12,15). Senyawa ini dapat menurunkan kholesterol darah, karena untuk membuang kholesterol diperlukan diantaranya omega tiga ini. Omega tiga juga dapat mencegah fatty liver (dalam hepar tertimbun lemak trigliserida), karena omega tiga diperlukan untuk membuat kulit (shell) dari VLDL, suatu lipoprotein yang mengangkut triasilgliserol dari hepar keseluruh tubuh.
Dalam satu cangkir (one cup) daun krokot yang sudah direbus, mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vit. A, dan beberapa asam amino yang berguna untuk kesehatan, Namun dalam satu cangkir daun krokot rebus tadi mengandung 910 mg asam oksalat, yang bisa menyebabkan kencing batu bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi (ada diantara familinya kena kencing batu).
Tanaman ini memiliki kandungan kimia antara lain : KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin,dopa.
Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid, serta mineral diet, : seperti besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan.

Krokot mengandung 2 jenis pigmen betalain alkaloid dan beta – xanthins. Kedua jenis pigmen yang ampuh sebagai antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KROKOT

Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, dari akar,batang, daun dan bunga.
Krokot dapat dipakai sebagai obat alternatif baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan terlebih dulu.
Krokot yang digunakan dengan cara dikeringkan biasanya dilakukan dengan mencuci bersih krokot terlebih dahulu lalu menjemurnya kemudian digiling hingga menjadi bubuk.

Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit, antara lain :· Disenteri, diare akut· Radang akut usus buntu (appendicitis acuta)· Radang payudara ( mastitis)· Wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding)· Badan sakit dan pegal (Rheumatism)· Keputihan · Gangguan sistim saluran kencing· Sakit kuning (Hepatitis)· Cacingan dan sesak napas (biji dan buahnya)

Loading...

RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN TUMBUHAN KROKOT

  1. Penyakit masalah percernaan seperti Maag Disentri
    Herba krokot yang masih segar sebanyak 50 gram diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum sebanyak 50 cc, sehari tiga kali hingga sembuh.
  2. Krokot untuk Bisul
    Untuk bisul minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul dirasakan mengempis dan kering atau hilang sama sekali.
  3. Krokot untuk mengobati Kencing darah
    Krokot yang sudah dalam bentuk herba sebanyak 100 gram digodok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gram. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Lakukan hingga kencing darah berhenti.
  4. Krokot untuk mengatasi Jantung berdebar
    4 batang krokot dicuci lalu digiling, tambah setengah cangkir air putih matang, dan satusendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau berhenti sama sekali.
  5. Gugup dan gelisah
    Herba krokot segar sebanyak 25 gram dikukus sebentar lalu digiling halus dan diperas. Minum air perasannya setelah tidak panas. Lakukan hingga gejala gugup dan gelisah mereda.
  6. Krokot untuk mengobati Demam
    2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai matang, makan selagi hangat. Lakukan hingga demam menurun.
  7. Krokot untuk Sakit kuning(juga untuk radang gusi)
    Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.
  8. Borok, radang kulit
    Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.
  9. Radang akut usus buntu
    Ambil herba segara krokot segenggam, dicuci bersih lalu ditumbuk dan diperas sampai terkumpul lebih kurang 30 mililiter (ml). Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml, minum, lakukan tiga kali sehari.
  10. Krokot untuk mengatasi Keputihan :
    200 gram krokot dijuice dan diambil airnya kemudian masukkan putih telur lalu di tim. Makan selagi hangat.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KROKOT

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Krokot

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Portulacaceae
Genus (Marga): Portulaca
Species (Jenis): Portulaca oleracea L.

NAMA-NAMA LAIN TUMBUHAN KROKOT
Nama Latin Krokot : Portulaca Leavis Wall
Indonesia: Gelang, krokot (Jawa)
Inggris: common purslane, little hogweed
Melayu: gelang pasir
Thailand: phak bia-yai
Pilipina: Gulasiman
Cina: ma chi xian, kwa-tsz-tsai

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Krokot yang meliputi Ciri-ciri Krokot, Klasifikasi Krokot, kandungan zat atau nutrisi Krokot serta khasiat dan manfaat Krokot sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

krokot | tanaman krokot | krokot merah | manfaat daun krokot | daun krokot | tumbuhan krokot | manfaat bunga krokot | pohon krokot | gambar daun krokot | ciri ciri daun krokot |

12 pemikiran pada “Krokot – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaat Krokot”

  1. terima kasih infonya, saya baru tahu padahal kami di kampung dulu sering mengkonsumsinya sebagai sayur, tapi sekarang sudah jarang. saya akan mengajak keluarga mengkonsumsinya lagi

  2. Kalau berkenan tlg beritahukan tanaman utk menyembuhkan batuk TBC serta cara pengolahannya. Trims sblmnya.

    • bisa di coba minum ramuan teh mawar, caranya 5 kuntum bunga mawar diseduh dengan air panas, kemudian saring dan tambahkan gula biar rasanya enak, minum selagi hangat, minum ramuan ini 2 kali sehari selama sebulan

  3. Dikampungku banyak tanaman obat,tp tidak tahu apa kandungan dan manfaatnya. Sebenarnya saya penasaran pengen menelitinya tp tidak tahu caranya dan dimana tmptnya.tolong bantu saya untuk menelitinya tanaman tsb diantaranya adalah wangon, kare, mojo,sejenis temulawak tp tidak tahu namanya, sembukan,dluwak, cuwut dan kemlowo.kebetulan desaq berada ditengah hutan didaerah blora jateng j

  4. isi teks,nya gak bisa dicopy paste ya? untuk dikumpulin dibuat buku tanaman obat, syp tau banyak yang membutuhkan, kan tinggal lihat caranya 😀

  5. Kalo buat mag akut bisa gk ya? Ada efek sampingnya gk?? Takut nti knpa” soalnya mag udh lama trs seeing masuk RS.

    Saya berharap ini di bls ya!

    • untuk maag bisa dicoba air jeruk nipis/lemon pagi2 dlm keadaan perut kosong (blm sarapan). Aneh? Browsing aja “manfaat air alkali jeruk nipis”,
      Untuk awal2 dosis sedikit saja, mgkn 1 sendok makan ditambahi gula sedikit. Makin lama dosis dinaikkan tanpa gula.
      Mg lekas sembuh

  6. MasyaAllah.. Baru tau manfaat krokot sebanyak ini.
    Mau tanya. Apa nutrisi itu cm ada di krokot jenis di atas? Bagaimana dengan “krokot china” (di tempatku namanya itu) yg daunya tipis kecil2.
    Trus. Jenis krokot bunga yg sering ditanam buat hiasan rumah. Apa bs dimakan jg??

Tinggalkan komentar